Sabtu, 23 Januari 2010

SAJIAN MAKANAN TRADISIONAL PENAMPILAN INTERNASIONAL

Memang patut diakui sajian makanan lokal (tradisional) masih ketinggalan trend nya dimasyarakat internasional. Jangankan diluaran sana di negeri kita sendiri aja masih banyak orang yang gengsi kalau makan di restoran besar mengambil menu yang lokal.


Ada sebagian pendapat dari mereka yang mengatakan ," ah masa' nongkrong di restoran masih aja makan makanan kampung sih, udah ngk jamannya lagi, makanan eropa kan lebih go publik gitu loh biar ngk ketinggalan jaman." ujar mereka. Nah disinilah fenomena yang tak bisa dipungkiri bahwa hampir setiap aspek ngak hanya makanan, sudah mewabah tren american style atau kalo bisa saya sebut sebagai pengaruh dari westernisasi.

Amat disayangkan kalau indonesia tanah air kita yang kaya dengan aneka jenis makanan daerah, dengan citra rasa yang beraneka ragam pula. Lalu apa sih yang menyebabkan kita kalah bersaing dengan tempat-tempat makan yang besar (restoran) ?.apa karena cita rasa atau penyajianya yang kalah dari mereka? . saya rasa kita kalah dari sistem yang mereka kembangkan hingga bisa bertahan bahkan bisa tersebar di beberapa negara di dunia dengan menggunakan sistem franchise atau waralaba yang bisa tersebar diseluruh kota-kota besar.

Dan sekarang restoran yg menyajikan makanan tradisional yang menggunakan sistem seperti mereka. Lalu bisakah kita bersaing dengan mereka walaupun menggunakan sistem yanj sama. Inilah salah satu cara untuk lebih mengenal aneka masakan dari negeri kita sendiri, Dengan beberapa jenis menu masakan baik itu tradisional maupun internasional..

 http://blog-warung.blogspot.com

3 komentar: